Sebelum kita mengetahui manfaat grafik komputer dan
pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari sebelumnya mengenal terlebih
dahulu tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra.
APA ITU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA?
Grafik komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar
berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar
tersebut. Nah, secara ringkas dari pengertian tersebut bisa dikatakan
grafik komputer itu Proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi
obyek. Masih panjang kah ringkasannya? Gini deh, salah satu kegiatan
dari grafik komputer itu sendiri seperti men-capture atau memotret obyek
dengan kamera,proses dari hasil obyek yang di potret itulah merupakan grafik
komputer.
Topik selanjutnya adalah pengolahan citra yaitu bertujuan
untuk memperbaiki kualitas gambar (citra),dilihat dari peningkatan
kontras,transformasi warna dan dari rotasi,translasi,serta skala. Lebih
singkatnya,Pengolahan citra tuh seperti edit foto untuk mendapatkan kualitas
yang lebih baik sebelum di upload ke instagram dan media sosial lainnya.
GRAFIK KOMPUTER
Salah satu jurnal yang berkaitan grafik komputer yang saya
baca adalah jurnal dengan judul “Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile
Menggunakan Teknologi Virtual Reality” oleh Berta Sihite, Febriliyan Samopa,
dan Nisfu Asrul Sani Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi,
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Dalam jurnal tersebut penulis
mengambil studi kasus yaitu “Perobekan Bendera Belanda di Hotel Yamato.” Tujuan
dari pembuatan aplikasi ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa atau
pengguna agar dapat mengerti peristiwa sejarah yang terjadi di hotel
majapahit (Hotel Yamato) secara jelas tanpa banyak menghafal serta membantu
memahami peristiwa kemerdekaan dengan ilustrasi yang lebih menarik.
Aplikasi yang digunakan pada pembuatan aplikasi tersebut
adalah
Dimana Unity 3D sudah dikenal sebagai aplikasi game engine
yang dapat melakukan
pengolahan beberapa data seperti objek tiga dimensi,suara,texture, dan lain sebagainya. Tetapi keuanggulan dari unity engine dapat menangani grafik dua dimensi dan tiga dimensi.Namun engine ini lebih berkonsentrasi pada pembuatan grafik tiga dimensi. Dari beberapagame engine yang samasama menangani grafik tiga dimensi, Unity Engine dapat menangani lebih banyak. Beberapa diantaranya yaitu Windows, MacOS X, iOS, PS3, wii, Xbox 360, dan Android yang lebih banyak daripada game engine lain seperti Source Engine, GameMaker,Unigine, id Tech 3 Engine, id Tech 4 Engine, Blender Game Engine, NeoEngine, Unity, Quake Engine, C4 Engine atau game engine lain.
Berikut hasil tampilan penulis jurnal dengan menggunakan Unity 3D
Selain
menggunakan unity 3D penulis juga menggunakan aplikasi Autodesk 3DS Max
yaitu sebuah perangkat lunak keluaran autodesk yang digunakan untuk melakukan modelling tiga dimensi, animasi, hingga rendering. 3D Studio Max dapat melakukan export hasil modelling yang dapat diterima oleh Unreal Development Kit seperti .ASE, . FBX dan .DAE.
Berikut adalah hasil tampilan dari penulis dengan
menggunakan Autodesk 3DS Max
PENGOLAHAN CITRA
Selanjutnya adalah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan
citra,
Berikut ini adalah rangkuman saya dari salah satu jurnal dengan judul yaitu “APLIKASI MOBILE SCOTECT: APLIKASI DETEKSI WARNA TANAH DENGAN TEKNOLOGI CITRA DIGITAL PADA ANDROID” yang ditulis oleh Ihwanudien Hasan Robbani, Enny Trisnawati, Rakhmadina Noviyanti, Afrizal Rivaldi, Fadhilla Puji Cahyani, Fitri Utaminingrum.
Aplikasi mobile Scotect digunakan untuk mendeteksi warna
tanah sehingga
mengetahui karakteristik tanah dan tingkat kesuburan dari tanah tersebut. Di dalam aplikasi tersebut telah ditanamkan algoritma dengan nama Algoritma SCOTECT yang merupakan tahapan proses yang digunakan untuk klasifikasi warna tanah.Dari hasil uji coba penulis mendapatkan kesimpulan bahwa kinerja algoritma yang ditanamkan dalam aplikasi dapat melakukan klasifikasi warna tanah dengan akurasi sampai dengan 90,58%. Dengan kata lain aplikasi ini dapat membantu peneliti dalam proses klasifikasi warna tanah.
Cara Peneliti atau penulis menentukan warna tanah adalah
dengan membandingkan
secara manual satu persatu sampel yang dimiliki dengan warna baku yang ada pada buku Munsell Soil Color Chart. Warna tanah dipengaruhi oleh kandungan yang ada di dalam tanah, selain itu saat kondisinya lembab, basah, atau kering warna tanah juga akan berbeda. ada beberapa hal dari warna yang menjadi perhatian, diantaranya (MUNSEL, 2009):
1. Hue: panjang gelombang
dominan.
Terdapat tiga macam yaitu Y (yellow), R (red), YR (yellow red).
2.
Value: kecerahan cahaya
jika dibandingkan dengan warna putih.
Kisaran nilainya 0-10
3.
Chroma: kecerahan cahaya
jika dibandingkan
proses akuisisi
citra menggunakan SCOTECT Mobile Apps dapat dilakukan
melalui dua cara yaitu mengambil citra digital tanah secara langsung menggunakan kamera dan/atau mengambil gambar dari data yang sudah ada dalam galeri. Kemudian aplikasi ini akan melakukan klasifikasi warna tanah dengan menggunakan Algoritma SCOTECT yang ada.
berikut adalah
tampilan dari SCOTECT Mobile Apps
Penggunaan appsnya yaitu, Filterisasi pertama, pada
filterisasi ini dilakukan
citra digital tanah yang ingin di deteksi warnanya. Menggunakan salah satu algoritma scotect yang ada yaitu Median Filtering Method.akan menghasilkan citra digital dengan warna yang lebih seragam namun secara visual akan terlihat lebih kabur dibandingkan dengan gambar aslinya. Warna yang seragam ini akan membantu dalam proses segmentasi sehingga jika citra digital terdiri dari
lebih
satu lapisan batas setiap lapisan tanah akan lebih mudah ditemukan.
Pada hasil segmentasi masih terlihat derau uang akan mengganggu dalam proses klasifikasi maka untuk menghilangkan derau tersebut dilakukan proses filterisasi kedua.
Proses terakhir
adalah klasifikasi proses ini akan memperoleh nama
warna tanah dari hasil proses citra digital tanah yang tadi. Pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan Euclidean distance yang akan menghitung nilai warna data masukkan dengan nilai warna yang ada dalam database.
Nah, sudah paham kan tentang Grafika Komputer dan
Pengolahan Citra semoga tulisan ini bermanfaat. 😁
REFERENSI:
https://media.neliti.com/media/publications/153947-ID-pembuatan-aplikasi-
3d-viewer-mobile-deng.pdf diakses pada 26 September 2019
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/162/pdf diakses pada 26 september 2019
http://ocvita_ardhiani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/55391/
Pertemuan+3+penerapan+grafika+komputer_Ocvita.pdf diakses pada 26 september 2019
http://avi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14957/1-Pendahuluan.pdf
diakses pada 26 september 2019 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar