Pages

Sabtu, 20 April 2019

Persamaan dan Perbedaan dari Business Relationship Management dan Service Level Management



Pada tulisan ini akan membahas tentang perbedaan dan persamaan dari BRM(Businness Relationship Management) dan SLM(Service Level Management), namun sebelum itu akan dibahas terlebih dahulu pengertian dari BRM(Businness Relationship Management) dan SLM(Service Level Management).

APA ITU BRM(Businness Relationship Management) ?

Businness Relationship Management atau  Manajemen hubungan bisnis adalah proses yang memungkinkan manajer hubungan bisnis untuk menyediakan link antara penyedia layanan dan pelanggan pada tingkat strategis dan taktis.
Pelanggan dan penyedia akan memiliki kepentingan bersama dalam memastikan bahwa pelanggan memahami nilai dari layanan yang ditawarkan dan memiliki harapan yang realistis dari mereka.
Agar hubungan seperti itu dapat bekerja dengan baik maka harus ada kepercayaan, keterbukaan dan kejujuran di kedua sisi, dan pada kali ini akan memerlukan penyedia layanan untuk terbuka dan jujur tentang pelanggan, misalnya dalam kaitannya dengan kewajiban terhadap pelanggan yang gagal terpenuhi.

APA ITU SLM(Service Level Management)?

Service Level Management merupakan proses mendefinisikan, menyampaikan, memastikan dan mengevaluasi target kualitas masing-masing layanan teknologi informasi yang ada di dalam perusahaan. Dengan adanya aktivitas monitoring terhadap hal ini, maka kebutuhan bisnis dapat tercapai dengan baik dan jauh dari potensi gangguan yang dapat terjadi.

Persamaan dan Perbedaan diantara keduanya

Persamaan

  1. Kedua proses mementingkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memastikan bahwa pelanggan senang dengan apa yang disampaikan

Perbedaan

  1. BRM berada pada prinsip strategi service sedangkan SLM berada pada Service Design
  2. Fokus BRM pada desain dan penyediaan layanan yang menambah nilai nyata bagi pelanggan dengan biaya yang wajar baik dalam hubungan dengan nilai layanan delivery maupun biaya layanan serupa dari pesaing.
  3. Fokus dari SLM adalah pada menjalin perjanjian dengan pelanggan pada tingkat layanan yang akan dikirimkan untuk layanan tertentu dan, dengan memastikan tingkat layanan ini terpenuhi, pada pencapaian tingkat kepuasan pelanggan yang dapat diterima.





Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar